Sejarah Singkat PT. Pertamina RU V

Balikpapan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur. Kota ini memiliki sebagian besar bukit bukit, sisanya merupakan daerah datar yang sempit, sungai kecil serta pesisir pantai. Kondisi tanah di kota ini bersifat asam (gambut) serta dominan tanah merah yang kurang subur.

Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. Kota ini berada di pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan degan Selat Makasar, memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

Berbicara soal minyak di Balikpapan tidak terlepas dari perusahaan - perusahaan minyak besar di sini, mulai dari badan milik negara hingga milik swasta. Perusahaan minyak milik negara yaitu PT . pertamina RU V.

Singkat cerita tentang materi yang saya dapat pada pertemuan pertama kerja praktek di PT. Pertamina RU V mengenai sejarah singkat tentang perusahaan ini.


Berawal dari ditemukannya sumur minyak di Sanga-Sanga pada tahun 1897, maka pada tahun 1922 mulai dibangun kilang di Balikpapan yang kemudian disebut sebagai Kilang Balikpapan I. Setelah mengalami kerusakan berat dalam masa perang dunia II (1940-1945) perbaikan dan rehabilitasi mulai dilakukan tahun 1946, kemudian secara berturut-turut dibangun Penyulingan Minyak Kasar I (PMK I), Unit Penyulingan Hampa I / Heavy Vacuum Unit I (HVU I), Wax Plant, PMK II, PMK III serta unit-unit yang termasuk dalam proyek pembangunan Kilang Balikpapan II yaitu Hydroskimming Complex (HSC) dan Hydrocracking Complex (HCC).

Kilang Unit Pengolahan V Balikpapan terletak di Teluk Balikpapan yang menempati areal seluas 2.5 Km2. Kilang UP V awalnya didisain untuk mengolah crude Handil dan Bekapai, namun saat ini mengolah berbagai macam crude (mix crude) baik lokal maupun impor, antara lain : Sepinggan, Senipah, Bunyu, Nanhai, Forchados, Belida, Bacho, dll.

Produk-produk Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dihasilkan oleh Kilang Balikpapan berupa : Motor Gasolin (Bensin/Premium), Kerosin (Minyak Tanah), Avtur, Solar, Minyak Diesel, dan Fuel Oil. Sedangkan produk-produk non BBM berupa: Liquified Petroleum Gas (LPG) dan Lilin (Wax).

Adapun kronologis pembangunan dan perkembangan Kilang Balikpapan adalah sebagai berikut:
Tahun 1897–1922 : Ditemukan beberapa sumber minyak mentah dibeberapa tempat di Kalimantan Timur.
Tahun 1922 : Unit PMK I dan II didirikan oleh British Petroleum.
Tahun 1946 : Rehabilitasi PMK I dan II menjadi PMK III karena rusak berat akibat perang dunia II.
Tahun 1949 : HVU I selesai didirikan oleh SHELL Indonesia yang dirancang oleh Mc-Koe dengan kapasitas pengolahan sebesar 12.000 bbl/day.
Tahun 1950 : PMK I dan Wax Plant yang merupakan unit saling berhubungan selesai direhabilitasi, dengan kapasitas pengolahan PMK I adalah 25.000 bbl/day.
Tahun 1952 : Unit PMK II selesai direhabilitasi oleh SHELL Indonesia yang didisain oleh ALCO dengan kapasitas pengolahan 25.000 bbl/day.
Tahun 1954 : Modifikasi unit PMK III sambil menaikkan kapasitas produksi sebesar 10.000 bbl/day. Sekarang unit ini sudah tidak digunakan lagi.
Tahun 1973 : Modifikasi dari Wax Plant sehingga mencapai kapasitas produksi 175 Ton/Day.
Tahun 1981 : Kilang Balikpapan II mulai dibangun dengan disain dan paten dari UOP Inc.
November 1981 : Penetapan kontraktor utama yaitu Bechtel Inc (Inggris) dengan konsultan supervisor Procon Inc (AS).
01 November 1984 : Peresmian Kilang Balikpapan II oleh Presiden RI.
Tahun 1995 : Up Grading Kilang Balikpapan I yang terdiri dari Unit PMK III dan HVU I menjadi Crude Distilling Unit (CDU) V dan HVU III.
Tahun 1996-2008 : Perbaikan-perbaikan secara berkala (Turn Around/TA) tetap dilakukan, rehabilitasi unit Platforming pada Hydroskimming Complex akibat kebakaran tahun 2001, serta pembangunan Flare Gas Recovery Plant dan Hydrogen Recovery Plant pada Hydrocracking Complex tahun 2006.

Behind The Scene
Foto ini diambil setelah pengambilan Alat Pelindung Diri (APD). Dari kiri - kanan : Ayu Ratna , Alvariesta, Masita, Fikriyan Amirillah, dan Saya. Fotografer : Putu Riani


Siap untuk orientasi

5 Response to "Sejarah Singkat PT. Pertamina RU V"

gravatar
Doan Herdani Says:

Mantap, udah jadi nih sebagian laporan KPnya, he2...

gravatar
putrapratamadany Says:

makasih pak uda mampir blog saya, bgaimana kalau laporannya dalam bentuk blog?hehe

gravatar
Halomoan Daniel Says:

kalau boleh tau, dapet sejarah singkat itu darimana ya?

gravatar
Milagros Export Says:

saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana tawaran pinjaman mr pedro membantu hidup saya, bukan ide yang baik untuk menggunakan pinjaman gajian secara teratur. Jika Anda terus-menerus memperpanjang tanggal pembayaran Anda dan sering meminjam ke gaji Anda berikutnya, itu bisa memberi Anda banyak uang. namun, sama masuk akalnya untuk memutuskan pinjaman hari gajian karena mereka dapat dengan cepat disetujui pada hari yang sama ketika Anda memasukkan formulir aplikasi pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi penawaran pinjaman mr pedro karena pinjaman gaji saya sangat cepat untuk diproses, email pedroloanss@gmail.com untuk meminta segala jenis pinjaman. whatsapp +18632310632

Posting Komentar