Refinery Planning and Optimation

Bangun pagi, sholat, mandi dilanjutkan sarapan dan berangkat. Rutinitas ini bakal saya lakukan di hari - hari aktif selama kerja praktek di Pertamina RU V.

Hari ini merupakan orientasi yang pertama, yaitu di bagian Refinery Planning and Optimation Function. Fungsi ini mempunyai tugas menyiapkan dan menyajikan perspektif perekonomian kilang Balikpapan., seperti melaporkan data - data statistik mengenai evaluasi produk, hasil blending crude dan administrasi serta mengembangkan perencanaan yang ada dapat memaksimalkan pendapatan berdasarkan pasar dan kondisi kilang yang ada. Dalam hal ini Refinery Planning and Optimation berkedudukan sebagai Planner dan kilang sebagai Doer (objek).

Refinery Planning and Optimation Function ini membawahi 3 section yaitu
1. Refinery Planning Section
Membuat rencana pengolahan bulanan dan tahunan serta potensi pengolahan dan perencanaan crude. Dalam menjalankan tugasnya, ditunjang oleh perangkat program komputer yaitu Linier Programming. Salah satu bentuk programnya adalah GRTMPS (Generalized Refinery Transportation Marketing Planning System).

Contoh tampilan GRTMPS

2. Budget and Performance Section
Mengkoordinir perencanaan Anggaran Biaya Operasi (ABO) di semua fungsi dan bagian di Refinery Unit V dan mengevaluasi pencapaian realisasi nya dalam kurun waktu tertentu serta melakukan audit terhadap ABO tersebut dan melakukan evaluasi terhadap realisasi pengolahan kilang PU V terhadap perubahan crude oil serta harga crude maupun produk.

3. Supply Chain & Distribution Section
Mengatur penjadwalan crude yang diolah setiap harinya kepada bagian produksi, menyampaikan realisasi pengolahannya dan mengatur penjadwalan blending produk serta rencana penyalurannya.


Peta penyaluran crude dari pelabuhan ke kilang

No Response to "Refinery Planning and Optimation"

Posting Komentar