Danbo Siap Presentasi

Tidak terasa hampir dua bulan kerja praktek di perusahaan Pertamina RU V Balikpapan. Seminggu lagi bakal meninggalkan kota yang terbersih di Indonesia. Akhir - akhir kerja praktek merupakan saat - saat yang mengkhawatirkan, saat - saatnya galau, saat - saatnya stress, karena apa? karena saat ini merupakan saat akan mempresentasikan laporan kerja praktek di depan para pembimbing.

Kamis, tanggal 25 Agustus 2011, tepat di ulang tahun Fikriyan Amirillah, saya presentasi. Hari ini H-2 sebelum presentasi , laporan udah beres semua, slide presentasi 50 % menuju tahap kelar, tapi mental masih 0 %.

Judul yang saya ambil dalam laporan kerja praktek saya adalah Evaluasi Kinerja Naptha Splitter Reboiler E-3-15A/B dan Light Naphta Stripper Reboiler E-3-29A/B pada HC Unibon Sebelum dan Sesudah Turn Around (Cleaning). Alasan mengapa saya mengambil judul itu adalah pada proses HC Unibon membutuhkan energi yang sangat besar. Salah satu bentuk energi yang banyak digunakan adalah energi panas. Media pemindah panas yang banyak digunakan adalah Heat Exchanger. Seiring bertambahnya waktu penggunaan, kemampuan Heat Exchanger akan menurun. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang terkandung dalam fluida. Untuk menghilangkan kotoran tersebut perlu dilakukan Turn Around (cleaning) secara periodik. Oleh karena itu, di laporan saya saya mengevaluasi kinerja Heat Exchanger sudah optimal belum setelah di Turn Around (cleaning).

Rumus menghitung faktor kekotoran (Rd)


Siap presentasi

No Response to "Danbo Siap Presentasi"

Posting Komentar