Konsep adalah Syarat Utama Photo Studio

Kamera ready, baterai full, siap untuk mengikuti workshop hari ini. Workshop hari ini diadakan oleh temen – temen dari Forest Kaskus ( Fotografer Regional Surabaya Kaskus ), dengan materi “ Workshop Studio Lighting “ dengan pembicaranya yaitu Afrizal Hutasuhut (Photografer Professional Jakarta). Lokasi di rumah Yudha Handika ( Mahasiswa Despro 2008 yang banting setir dari landscape ke model).

Seluruh peserta workshop berkumpul di stasiun Gedangan sebelum menuju ke lokasi, mengingat lokasi yang belum banyak oranng mengenalnya. Pukul 10.00 semua peserta tiba di lokasi. Acara dibuka oleh Rahadian Prabowo ( TS Forest Kaskus).

Langsung kepada materinya,
Alat - Alat yang harus disiapkan untuk foto studio adalah

1. Lampu studio adalah flash light yang kelihatan menyala tersebut adalah modeling light yang terdapat bersama dengan studio light

2. Backdrop studio

3. Reflektor antara lain
1. Standar reflektor, pencahayaan bersifat langsung yang keras. Menghasilkan kontras tinggi antara highlight dengan shadow.
2. Soft box, gunanya melunakkan lampu standard reflektor, sehingga tidak terlalu keras. Menghasilkan kontras rendah antara highlight dengan shadow,
3. Ring flash, sesuai namanya, bentuknya seperti cincin, dipasang di ring lensa kamera. Fungsinya untuk foto makro meminimalisasi bayangan, atau untuk foto orang supaya di mata nya ada garis flash melingkar
4. Payung : hamper sama fungsinya dengan soft box, dll

( Lampu studio, Standard Reflector, Softbox, Ring Flash, Payung )

Macam Macam lampu berdasarkan kegunaannya adalah
1. Main light : Lampu utama dari studio, biasanya terletak di depan
2. Fill Light : Lampu sampingan yang biasanya letaknya berlawanan dengan main light.
3. Highlight : Lampu dari atas
4. Hairlight : Lampu yang menerangi rambut

Poin penting yang bisa saya ambil dari workshop ini adalah
Syarat utama dalam foto studio adalah bukanlah penempatan lampu. Teknik penempatan lampu itu bisa belajar, seperti awal kita belajar kamera, awalnya kita buat bokeh bingung, tapi lama lama karena belajar akhirnya bisa.

Syarat utama dalam foto studio adalah konsep. Konsep harus disudah ada di kepala sebelum pemotretan. Jangan sampai masuk studio, kita belum ada konsep, segimana cantiknya modelnya, pasti taruhan 1 jam pasti bosen. Konsep harus kita pikirkan benar benar, Kita punya konsep, kita perlu diskusikan juga dengan modelnya, mulai pakaian sampai aksesoris sekecil-kecilnya. Kita tanya, model stuju tidak, kalau tidak setuju kita cari model lain. Dan jangan pernah memaksakan model.

Dokumentasi :
Pak TS nampang
Sesi materi

Persiapan

Praktek

Sesi Narsis
GDP, Monyidh, Jansen

Danbo ( Backlight studio photo)

1 Response to "Konsep adalah Syarat Utama Photo Studio"

gravatar
Aditya Vicky Says:

siiiiiiiiiiip..... bagus gan

Posting Komentar