Temukan Karaktermu dalam Menulis

Kali ini saya kembali mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan penulis sukses, Boim Lebon.


Profil singkat Boim Lebon,
Nama asli adalah Sudiyanto, Lahir di Jakarta 17 Juli 1967. Pernah kuliah di Institut Sosial dan Ilmu Politik Jakarta Jurusan Jurnalistik. Mempunyai hobi menonton film komedi. Boim yang bercita-cita menjadi wartawan ini juga pernah membuat naskah drama dan menyutradarainya. Ia pernah meraih juara ke-3 dalam pementasan drama Tolong karya Putu Wijaya di Teater IKIP Jakarta dalam rangka pesta Bulan Bahasa. Beberapa buku yang pernah ditulis Boim yaitu Kejarlah Daku Kau Kuangkot, Trio Bebek, yang terkenal adalah serial Lupus bersama dengan Hilman.

Berikut perbincangan saya dengan bang boim :
Saya : Bang apa saja sih kendala - kendalanya untuk menulis ?
Bang Boim : Awalnya saya menulis dulu kendalanya banyak, mulai menentukan tema, setelah tema dapet, saya punya banyak gambaran ide yang akan saya kembangkan, tapi masalah baru muncul, saya bingung menyatukan semua itu, akhirnya yang terjadi saya tidak buat apa-apa.

Saya : Trus bagaimana bang untuk mengantisipasi hal tersebut?
Bang Boim : Kalo udah kayak gitu, saya dulu menemui senior senior, saya meminta minta tips dan trik dalam tulis menulis, akhirnya alhamdulillah saya sudah bisa mengatisipasi hal tersebut.

Saya : Berapa lama sih bang waktu yang dibutuhkan untuk menjadi penulis yang profesional?
Bang Boim : Untuk menjadi penulis profesional memang sih membutuhkan waktu yang lama, tidak bisa instan, butuh proses, tapi soal berapa lamanya, itu bergantung orangnya, yang paling penting dibutuhkan disiplin diri.

Saya : Bang boleh tahu g, pengalaman yang paling berkesan apa di bidang menulis ini?
Bang Boim : Menulis buku dengan mas Hilman dalam serial lupus kecil. Pada saat itu mas Hilman adalah pengusaha yang terkenal tapi tak habis pikir mengajak penulis kecil seperti saya.

Saya : Buat tema - teman di ITS bang, bisa bagi kiat-kiatnya?
Bang Boim : Jangan males, jenuh dan kapok dalam dunia tulis menulis. Terus mencoba, coba berbagai karakter, gaya tulisan kalian sampai akhirnya kalian menemukan karakter , gaya yang sesuai dengan kalian. Akhirnya pembaca juga akan mengenali karakter kalian.

Saya dan Bang Boim

No Response to "Temukan Karaktermu dalam Menulis"

Posting Komentar