Belajar Menulis Populer Lewat POISEDON

Ruangan pasca sarjana ITS hari ini menjadi rame karena dipenuhi peserta poisedon. Poseidon merupakan seminar nasional kepenulisan populer yang diadakan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ITS. Poisedon ini mengambil tema"Be a Populer Writer Not Only a Dream" dengan menghadirkan pembicara yang tidak asing lagi di bidang kepenulisan populer yaitu Boim Lebon dan Asma Nadia.


Acara dibuka oleh Presiden BEM ITS, Dalu Nuzlul Kirom. Dalam sambutannya beliau berkata, "Menulis itu seperti MLM (Multy Level Marketing), pahalanya mengalir terus". Setelah itu, masuklah pada sesi pertama dengan pembicara Boim Lebon. Boim Lebon menyampaikan materi secara kocak sesuai dengan pembawaannya, hal ini tidak lepas juga dari karya - karyanya yang humoris seperti, Trio Bebek, Kejarlah Daku Kau Kuangkot, dan yang terkenal adalah serial Lupus

Dengan materi Mendongkrak Motivasi Untuk Menulis Karangan Populer, penulis sekaligus mantan produser RCTI tersebut menjelaskan, "Menulis itu mudah, yang terpenting adalah kemauan dan intensitas untuk selalu mencoba.Karena menulis itu bukan bakat tapi keterampilan yang bisa diasah". Selain itu untuk mendatangkan ide banyak yang kita bisa lakukan seperti, menonoton film, membaca buku, mengembangkan imajinasi setelah melihat sesuatu, dan masih banyak lagi


Selanjutnya sesi kedua oleh Asma Nadia dengan materi Menulis dan Menerbitkan Karangan Populer itu Mudah. Beliau menegaskan, "Tidak ada yang namanya orang malas, yang ada hanyalah orang yang tidak punya motivasi. Motivasi harus dicari dan mulailah menulis dengan hati". Penulis Emak Naik Haji dan Jilbab traveler tersebut juga memaparkan kesalahan - kesalah biasanya terjadi di penulis pemula, mulai dari judul, opening tidak menarik bertele - tele dan ending tidak berkesan.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada para peserta yang sebelumnya diberi tantangan oleh Boim yaitu menuliskan kisah hidup mereka yang paling berkesan. Selanjutnya, peserta diberi kesempatan untuk berfoto dan meminta tanda tangan pembicara.

Foto - foto lainnya :
Penulis Muslimah
Sesi Tanda Tangan

Makasih banyak buat teman teman BEM yang telah mengundang saya,

No Response to "Belajar Menulis Populer Lewat POISEDON"

Posting Komentar