Tari Saman : Muda Beda Berbahaya

Kemarin datang di acara PIMITS 14 di Graha ITS diajak oleh salah satu teman yaitu Fikriyan Amirillah. PIMITS yang kepanjangan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS merupakan even besar tahunan di ITS yang menampilkan berbagai karya - karya mahasiswa ITS. Kali ini merupakan PIMITS yang ke 14 yang mengusung tema "Saint, Teknologi, dan Seni"

Malam ini ternyata disuguhi oleh hiburan yang menarik yaitu Tari Saman oleh adik - adik 2010. Sedikit sejarah dari Tari Saman, tarian ini dinamakan Saman karena diciptakan oleh seorang Ulama Aceh bernama Syekh Saman. Dulunya Tari Saman dijadikan sebagai media dakwah, namun dewasa ini, fungsi tarian saman menjadi bergeser. Tarian ini jadi lebih sering berfungsi sebagai media hiburan pada pesta-pesta, hajatan, dan acara-acara lain.Tarian Saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan tepuk dada.



Sebetulnya ini bukan kali pertamanya mereka tampil di depan umum, tapi ini merupakan kali pertamanya bagi saya menonton secara langsung. Kata pertama yang ada di pikiran saya yaitu "Luar Biasa", karena ini merupakan kejadian yang benar - benar langka. Kita tahu sendiri, sekarang sudah semakin jarang kita tahu anak muda yang mau melestarikan budayanya sendiri, kalau ada even - even untuk mengisi acara, pasti anak muda lebih interest ke band. jarang menyuguhkan tarian - tarian seperti ini, Nah seperti inilah harusnya yang menjadi suatu keteladanan bagi kita. Salut buat adik - adikku 2010, TERUSKAN !!

Foto -foto lainnya :



Tari Saman Crew di depan stan Teknik Kimia di PIMITS 14


No Response to "Tari Saman : Muda Beda Berbahaya"

Posting Komentar