Spouted


Hampir setiap malam saya habiskan waktu saya di Laboratorium ini. Rencananya malam ini adalah malam terakhir saya melakukan penelitian untuk bahan skripsi. Sudah hampir 6 bulan saya bekerja hingga larut malam dan terkadang hingga tidur di sini. Entah sudah berapa banyak kegiatan yang telah saya lakukan? Pasti banyak. Yang pasti ini akan memberikan suatu kenangan tersendiri bagi saya.



Januari
Ini bulan awal dimana saya mulai bekerja. Penelitian saya termasuk penelitian yang baru jadi saya harus membuat alatnya terlebih dahulu baru setelah itu bisa melakukan penelitian. Di bulan ini saya memulai mendesain alat yang akan saya gunakan. Saya banyak melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Semua masih dalam bayangan saja, masih meraba - raba.

Februari
Desain alat sudah fix. Bulan ini dihabiskan dengan menunggu proses pembuatan alat. Alat terbuat dari kaca, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Menunggu.

Maret
Setelah proses menunggu akhirnya alat yang telah dipesan telah selesai. Meskipun selesai, tapi terjadi kesalahan dalam hal pengiriman barang. Salah satu alat yang saya pesan ternyata ada yang retak, sehingga harus dikembalikan lagi untuk diperbaiki. Memang apes, tapi mau bagaimana lagi, kesabaran diuji. Menunggu kembali.

April
Semua alat sudah lengkap dan terpasang rapi. Bayangkan betapa senangnya saya waktu itu, setelah proses menunggu yang cukup lama akhirnya semua alat telah terpasang. Bulan ini merupakan bulan pertama kali saya melakukan penelitian. Nasib buruk kembali menimpa, ternyata pemanas yang saya pakai tidak mampu menaikkan suhu seperti yang saya inginkan. Akhirnya saya kembali harus memesan pemanas yang bisa menaikan suhu seperti yang saya inginkan. Kembali lagi menunggu.

Mei
Bulan ini saya berharap keberuntungan memihak pada saya. Saya mulai melakukan penelitian. Alat berjalan sesuai dengan apa yang saya inginkan. Jerih payah, keringat yang menetes, waktu makan yang molor dan rutinitas mandi yang kadang hilang terasa terbayarkan sudah oleh sebuah hasil dari penelitian pertama. Namun itu tidak bertahan lama, keesokkan harinya sesuatu berkata berbeda. Proses baru berjalan 15 menit ternyata dinamo kompressor ternyata terbakar. Solusinya adalah dilakukan penggulungan dinamonya dan itupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Kembali lagi harus menunggu kembali.

Juni
Bulan terakhir proses penelitian. Laporan skripsi harus selesai pada bulan ini. Saya mengejar beberapa variabel yang harus saya selesaikan. Beruntunglah, sampai detik saya menulis postingan ini belum ada sesuatu yang membuat saya harus menunggu kembali. Sebetulnya ada beberapa kendali, tapi karena beberapa pengalaman - pengalaman sebelumnya, jadi sudah cepat teratasi.

Sekian cerita singkat dari saya, di sini saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih terutama untuk pembimbing saya, Pak Heru dan Pak Minta; Partner saya Ardya; Karyawan sekaligus teman tidur kalau terpaksa harus menginap di lab Cak Gunawan; dan semua teman - teman laboratorium elektrokimia dan korosi.

1 Response to "Spouted"

gravatar
The Peacemaker Says:

Dan. fotonya mantap. ajarin aku lah gimana cara buat foto duplikasi kayak gitu..hehehe

Posting Komentar