Fotografi Itu Sulit

Pagi ini, pagi cerah, siap melaksanakan side job, jadi tukang foto dalam sebuah acara "turun tanah" di rumah makan agis,

Bagaimana saya bisa mendapatkan side job ini? Begini ceritanya,
2 minggu yang lalu, dihubungi oleh mas hadnys, Siapa mas hadnys? mas hadnys adalah orang yang gag tahu asalnya dari mana, yang pasti saya awalnya kenal lewat kaskus, hunting foto, dan sekarang saya berteman dengan baik. Mas hadnys meminta saya menjadi krunya menjadi tukang foto job-jobannya.

Saya bertanya pada mas hadnys, "Acara apa mas?Nikah t?". "Bukan dan turun tanahnya anak kecil", jawab mas hadnys. Sempat diam sebentar, berpikir, turun tanahnya anak kecil??Hmm, dipikiran saya masih aneh aneh, mulai, anak kecil yang punya duit banyak kemudian nyelameti tanahnya, sampai anak kecil yang dari langit turun ke tanah. Tapi, tetep stay cool, langsung aja bilang mas hadnys, "Saya Siap Mas".

Masih bertanya tanya tentang maksud turun tanah, akhirnya searching di google, Hasilnya sebagai berikut :

Tedhak Siten atau upacara Turun Tanah adalah salah satu upacara adat budaya Jawa untuk anak yang berusia 8 bulan (pitung lapan), Upacara ini mewujudkan rasa syukur karena pada usia ini si anak akan mulai mengenal alam disekitarnya dan mulai belajar berjalan. Dalam upacara adat ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh si anak, dimana tiap tahap atau proses tersebut memiliki nilai-nilai budaya yang cukup tinggi.

Berpikir lagi, dulu saya pernah ngikut ngikut gini gag y..

Hari H,
Kamera Ready,

Kunci Target,

Atur Strategi

*yang memegang kamera bang hadnys, sebelahnya bang elnus
Dalam sesi briefing, saya bertanya tentang mas hadnys tentang tips dan trik memotret kali ini. "Dalam keadaan seperti ini ( kerjaan ), teknik foto kurang banyak dipakai, yang paling penting adalah jangan sampai lepas moment",ujar mas Hadnys.

Hasil jepretan :






Sumpah sulit banget, banyak moment - moment yang lepas, banyak konsep - konsep di kepala yang miss. Lebih sulit daripada yang dibayangkan, baik dari segi angle, pencahayaan, kecepatan, dll.

Sedikit curhat ke mas Hadnys," Mas kug sulit y?Bnyk moment yang gag dapet". "Ya gini ini dan, kalo kamu pernah bilang foto model itu sulit, salah besar, foto model itu gampang, model masih bisa di atur- atur buat kita foto, sekarang kamu bayangin sekarang, momen gag bisa kamu atur kan." ujar mas Hadnys

Hmm, ternyata fotografi lebih sulit daripada yang dibayangkan, bukan hanya sekedar jeprat jepret. Sempat berniat untuk membenci hobi ini, sudah satu tahun lebih pegang kamera tapi gag bisa. Sedikit frustasi. Tapi berhubungudah habis dana banyak, akhirnya saya urungkan niat tersebut, mungkin ini bisa jadi motivasi buat lebih serius lagi belajar fotografi.

No Response to "Fotografi Itu Sulit"

Posting Komentar