Kegalauan Tes Kerja

Tes seleksi masuk dunia pekerjaan itu ambigu, banyak yang mengambang, tidak ada rumus pokok yang pasti seseorang lolos atau tidak.

ini curiculum vitae !!

Persaingan yang sangat ketat lebih dari SPMB ( zaman saya dulu, sekarang telah berubah nama menjadi SNMPTN, entah akan berubah lagi atau tidak kedepan, seperti sih akan berubah lagi ). SPMB kita bisa belajar untuk dapat lolos masuk universitas yang kita akan kita tuju, tapi kalo seleksi kerja??  apa ada patokan yang mutlak agar kita bisa lolos mendapatkan pekerjaan yang akan kita pilih?

Alhasil yang ada saya galau dan ingin menulis tentang ini, berbagai job interview telah saya ikuti. Banyak tips dan trik yang diajarkan , tapi saya belum yakin apa benar - benar lolos.

Ada yang bilang untuk tahap screening surat lamaran kerja, harus pakai amplop dengan dengan warna beda, jangan pakai warna coklat yang sudah umum, tapi pakai amplop warna putih. Amplop warna putih dipasaran emang tidak ada jadi kita bikin sendiri.

Ada lagi yang bilang lagi untuk tujuan pada luar amplop, ditulis kepada HRD manager PT bla bla bla. Entah percaya tidak percaya sih itu tips dan trik yang saya dapatkan dari workshop tadi. Logis sih alasannya biar kita beda sendiri, jadi amplop kita akan dibuka pertama kali. Entah dibuka terus dipanggil atau dibuka terus dibuang, pilihannya ya itu.

Selain itu ada beberapa tips saat interview seperti cara menjabat tangan, cara memperkenalkan diri, cara menceritakan diri kita, cara mengakhiri interview, cara diskusi forum, dsb.

Emang belum mencoba secara realnya, tapi semoga bisa berhasil.


No Response to "Kegalauan Tes Kerja"

Posting Komentar